Posted by : About Iqbal Kamis, 10 Maret 2016

Description: http://helsinkidesignweek.s3.amazonaws.com/images/resized/Feminine_Future_Images_Wevolve.004_1276_798.jpeg

1.       Jelaskan tentang pentingnya beretika baik dalam penggunaan maupun pembuatan teknologi sistem informasi !

Jawab :

Mengapa etika dalam penggunaan maupun pembuatan teknologi sistem informasi sangat penting karena perkembangan teknologi informasi sangat cepat. Dengan pekembangan tersebut diharapkan akan dapat mempertahankan dan meningkatkan taraf hidup manusia. Namun dibalik perkembangan tersebut, terdapat dampak negatif yang sangat berbahaya. Sebagai contoh yaitu pembajakan konten dan hak cipta secara illegal, pendistribusian konten yang tidak baik dan akibatnya adalah pengguna yang masih belum seharusnya mengakses konten tersebut dapat mengaksesnya yang dapat menyebabkan degradasi moral. Hal ini lah yang menjadi alasan utama  pentingnya beretika dalam penggunaan dan pembuatan teknologi sistem informasi.

 

2.       Berikan contoh dan jelaskan salah satu kasus yang berkaitan dengan tidak digunakannya etika dalam penggunaan dan pembuatan teknologi sistem informasi !

Jawab :

Kasus wikileaks – Wikileaks adalah sebuah media online yang dibuat oleh seorang ahli keamanan jaringan dengan tujuan menyebarkan dokumen yang bersifat sangat rahasia (confidential) milik Negara agar kelak memicu kekacauan ”kesalahpahaman”, bahkan ketegangan politik, dalam interkoneksi diplomatik global.

 

3.       Hal-hal apa saja yang menjadi dasar sehingga dalam penggunaan maupun pembuatan teknologi sistem informasi harus beretika !

Jawab:

-          Arus informasi yang sangat cepat

-          Informasi yang semakin terbuka dan dapat diakses secara publik

-          Perangkat (Device) yang dapat terhubung antara satu dengan lainnya

-          Semakin ‘menipisnya’ hak cipta dalam suatu DRM konten (Digital Rights Management)

-          Ketergantungan public terhadap suatu produk digital.

 

4.       Apa yang harus dilakukan untuk meminimalisir tidak digunakannya etika dalam teknologi sistem informasi, jelaskan !

Melakukan IT Audit (IT Forensic)  terhadap teknologi sistem informasi agar mencegah ataupun meminimalisir kesalahan yang terjadi akibat tidak digunakannya etika (kode etik) dalam teknologi sistem informasi.  Sehingga apabila pengguna teknologi sistem informasi telah menyalahi etika, maka dapat dikenakan sanksi atau hukuman sesuai dengan kesalahan yan dilakukannya.

 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

About Author

Foto saya
IT Student | EDM Enthusiast | Likes Interior Design and Graphic Design | I Also Writing Articles of Games at http://cyberlineteam.com/category/it/game/ | Personal Website : miiqbalrama.hol.es

PageViews

- Copyright © BeOneOfHeroes -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -