Posted by : About Iqbal Selasa, 02 Februari 2016

Description: http://unitone.ps/beta/wp-content/uploads/2015/10/website_analytics_development_vector_design_mobile_computing_analysis_web_flat_icons_modern_business_chart_illustration_concept.jpg

Pada tulisan kali ini penulis akan membahas apa perkembangan Telematika pada masa yang akan dating, baik di Indonesia maupun secara global. Namun sebelum membahas perkembangannya, pembaca perlu mengetahui apakah itu telematika secara fundamental. Telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik. Kemampuannya adalah mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaan suara (telepon, musik), huruf, gambar dan data atau kombinasi-kombinasinya. Teknologi digital memungkinkan hal tersebut terjadi. Jasa telematika ada yang diselenggarakan untuk umum (online, internet), dan ada pula untuk keperluan kelompok tertentu atau dinas khusus (intranet).

Kembali ke topik yang akan saya bahas yaitu perkembangan telematika pada masa yang akan datang, khususnya di Indonesia, Telematika telah menjadi sebuah pilar utama di berbagai sektor. Contohnya  yaitu E-government yang dihadirkan dengan maksud untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Contoh dari e-government adalah Aplikasi Smart City, Pembayaran Pajak Online dan masih banyak lagi. Kemudian adanya E-commerce yang mana Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik yang mana telah mengubah proses bisnis menjadi lebih mudah.

Kemudian ada E-learning yang dibuat untuk menciptakan Pendidikan terbuka dengan modus belajar jarah jauh (distance learning) dengan media internet berbasis web atau situs. Kemudian masih ada banyak implementasi dari Telematika yang dapat dirasakan sehari-hari seperti E-medicine, E-laboratory, E-technology, E-research, GPS (Global Position System), atau sejenisnya seperti GLONAS dan GALILEO, Google Earth, 3G, dan kini 4G, kompas digital, sitem navigasi digital untuk angkutan laut dan udara, teleconference, perangkat berbasis internet (IoT – Internet of Things), Komputasi Awan (Cloud Computing), Tempat penyimpanan virtual (Cloud Storage) dan ribuan situs yang memberikan informasi sesuai bidangnya. Sehingga Menurut saya pribadi, Telematika akan terus berkembang seiring dengan kebutuhan manusia sehari-hari yang mana semakin ingin kemudahan.

Kemudian akan muncul pertanyaan baru, Apakah ada dampak positif dan negatif dari perkembangan telematika ? Jawabannya jelas ada. Setiap aspek pasti memilkik dampak positif dan negatifnya tersendiri. Menurut Pendapat Saya, Dampak Positif dari perkembangan telematika yaitu mempercepat proses transaksi, kegiatan, memperoleh informasi, mengambil keputusan hingga mampu melakukan komunikasi dengan jarak yang bahkan jauh sekali dengan mudah dan cepat. Dan kekurangan dari perkembangan telematika menurut pendapat saya pribadi adalah munculnya permasalahan baru seperti Big Data yang mana sangat kompleks dan untuk memprosesnya membutuhkan sumber daya yang sangat amat besar dan mahal, baik dari segi SDM maupun peripheralnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

About Author

Foto saya
IT Student | EDM Enthusiast | Likes Interior Design and Graphic Design | I Also Writing Articles of Games at http://cyberlineteam.com/category/it/game/ | Personal Website : miiqbalrama.hol.es

PageViews

- Copyright © BeOneOfHeroes -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -