Posted by : About Iqbal Senin, 15 Juni 2015

PENGARUH HARGA TERHADAP PENJUALAN

Muhamad Iqbal Ramadhan

 

http://boz.com.au/wp-content/bossthumbnails/Value%20based%20pricing.png

 

Abstrak :

            Perusahaan-perushaan di era pasar bebas seperti saat ini dituntut untuk lebih berinovasi dalam persaingan yang kompetitif antar perusahaan sejenis. Perusahaan dituntut untuk dapat menguasai pasar dengan menggunakan produk yang telah dihasilkannya. Dengan kemampuan menguasai suatu pasar yang ada, dapat memungkinkan suatu perusahaan memperoleh dana untuk membiayai kegiatan operasinya, pengembangan dan faktor lainnya. Untuk hal itu, perusahaan harus melakukan suatu konsolidasi yang mengarah ke dalam maupun keluar agar dapat mengetahui kelemahan, kekuatan, peluang serta hambatan yang mungkin diketahui apabila perusahaan dapat memutuskan tugas manajemen dan penetapan harga jual yang berkompetisi di pasar. Dalam hal ini, maka harga adalah hal paling vital dalam mempengaruhi penjualan.

 

Kata Kunci : Harga, Promosi, Merek, dan Penjualan

 

Pendahuluan :

1.1 Latar Belakang

Harga jual mempunyai implikasi yang cukup luas perusahaan maupun konsumen. Harga yang terlalu tinggi dapat menimbulkan kemungkinan menurunnya daya saing. Sebaliknya harga rendah dapat menyebabkan kerugian, khususnya bila biaya meningkat. Hal ini terutama akan menjadi masalah bagi perusahaan yang baru berdiri. Promosi merupakan salah satu variable didalam Bauran Pemasaran (Marketing Mix) yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam aktivitas pemasaran produk barang atau jasa mereka.  Bentuk promosi yang dapat dilakukan adalah periklanan, tenaga penjual, publisitas, dan promosi penjualan. Keputusan lain mengenai kebijakan produk yang perlu diperhatikan adalah mengenai model, merek, label dan kemasan. Untuk itu ada beberapa kemungkinan misalnya membuat model tertentu sebagai ciri sebagian atau seluruh produk yang dipasarkan perusahaan. Membuat merek yang berlainan untuk produk yang sama untuk setiap produk yang ditawarkan serta membuat merek tersendiri untuk setiap jenis produk. Sedangkan keputusan mengenai label hendaknya memperjelas informasi kepada konsumen, mempunyai efek promosi dan lain-lain. Berdasarkan latar belakang permasalahan yang telah diuraikan di atas, maka masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh harga dengan penjualan.

 

1.2 Tinjauan Pustaka

1.2.1. Pemasaran

“Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran segala sesuatu yang bernilai (product of value) dengan orang atau kelompok lain. ” menurut Kotler, Ahli ekonomi.

 

1.2.2. Harga

“Harga adalah nilai suatu barang dan jasa yang diukur dengan sejumlah uang. Berdasarkan nilai tersebut seseorang atau perusahaan bersedia melepaskan barang atau jasa yang dimiliki kepada pihak lain. “menurut Kotler, Ahli ekonomi.

 

1.2.3. Promosi

Promosi adalah kegiatan-kegiatan yang mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk konsumen untuk membelinya.

 

1.2.4 Merek (Brand)

Merek didefinisikan sebagai kombinasi dari atribut-atribut, dikomunikasikan melalui nama atau simbol yang dapat mempengaruhi proses pemilihan suatu produk/layanan di benak konsumen.

 

1.2.5 Penjualan

“Penjualan adalah proses di mana sang penjual memastikan, mengantisipasi, dan memuaskan kebutuhan atau keinginan sang pembeli agar dapat dicapai manfaat, baik bagi yang menjual maupun bagi sang pembeli yang berkelanjutan dan menguntungkan kedua belah pihak.” Menurut Winardi, Ahli ekonomi.

 

2.1. Simpulan

a. Pengujian secara parsial pada hipotesis pertama memberikan hasil yang tidak dimana harga secara parsial hanya berpengaruh negative namun  tidak signifikan terhadap penjualan. Sedangkan pengujian hipotesis kedua dan ketiga memberikan hasil yang mendukung. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel promosi dan merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan, dimana merek lebih berpengaruh signifikan dibandingkan dengan promosi terhadap peningkatan volume penjualan.

2.2. Saran

a. Perlu melakukan evaluasi dalam penentukan harga produk baik produk lama maupun yang baru, karena peningkatan harga akan berdampak pada penurunan penjualan walaupun pengaruhnya kurang signifikan.. Hal ini berkaitan dengan harga produk untuk barang yang sama dari perusahaan pesaing sehingga perlu kehati-hatian supaya konsumen tetap tidak pindah ke lain produk.

 

Daftar Pustaka :

Kotler, Philip dan Armstrong. 1997. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Ketiga. Jilid I. Jakarta: Erlanga

 

 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

About Author

Foto saya
IT Student | EDM Enthusiast | Likes Interior Design and Graphic Design | I Also Writing Articles of Games at http://cyberlineteam.com/category/it/game/ | Personal Website : miiqbalrama.hol.es

PageViews

- Copyright © BeOneOfHeroes -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -