- Back to Home »
- , » TUGAS 7 BAHASA INDONESIA : Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Tingkat Penjualan
PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP TINGKAT PENJUALAN
Muhamad Iqbal Ramadhan
Abstrak :
Dalam era industri yang semakin berkembang pesat seperti saat ini, perusahaan dituntut dituntut untuk lebih berinovasi dalam persaingan yang kompetitif antar perusahaan sejenis. Dalam perdagangan, konsumen mempunyai pilihan yang bervariasi sehingga banyak industry karet dunia melakukan konsep-konsep pemasaran yang dibutuhkan untuk dapat bersaing dengan industri lainnya. Hal-hal yang sangat perlu diperhatikan adalah Kualitas produk, Kualitas pelayanan dan Kepuasan Konsumen . Hal ini berarti bahwa peningkatan kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen akan meningkatkan hasil penjualan
Kata kunci: Kualitas produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Hasil penjualan
Pendahuluan :
1.1 Latar Belakang
Menyimak kondisi yang terdiri dari data yang ada pada saat ini, maka ada kesenjangan antara apa yang diharapkan dengan yang telah terlaksana dimana kinerja ekspor mengalami penurunan dan kecilnya peranan ekspor terhadap ekspor nasional. bila diasumsikan faktor internal memiliki pengaruh cukup besar maka disinyalir perusahaan kurang peka menganalisis dan mengidentifikasi kebijaksanaan yang tepat dalam hal kualitas, padahal konsumsi dan permintaan semakin meningkat seiring dengan kemajuan teknologi dan perkembangan di bidang industri belakangan ini. Penurunan ekspor juga disinyalir karena konsumen telah beralih ke produsen lain (pesaing) yang saat ini semakin banyak yang berkembang, sebab perusahaan kurang memperhatikan keinginan dan kebutuhan konsumen mengenai kualitas yang dihasilkan dan juga konsumen menilai bahwa manfaat produk yang didapat tidak sebanding dengan pengorbanan yang telah mereka berikan. Untuk itu dibutuhkan suatu penelitian dengan menggunakan asumsi bahwa dimana kualitas yang dihasilkan belum sesuai dengan standar internasional dan telah mengurangi kepercayaan konsumen terhadap perusahaan.
1.2 Tinjauan Pustaka
1.2.1. Kualitas Produk
Menurut (Russel dan Taylor III, 1998:76) bahwa kualitas merupakan keseluruhan ciri-ciri dan karakteristik suatu produk dan jasa dengan didasarkan pada kemampuannya dalam memuaskan kebutuhan. Hal yang sama juga dikemukakan oleh Morse, Davis, Hargraves (1996:21) bahwa “Quality refers to the degree to which to product or services meet the customer’s need” Mereka mengartikan kualitas secara lebih luas yaitu pemenuhan suatu rancangan yang sesuai sama bahwa melebihi yang diharapkan konsumen, pada tingkat harga yang kompetitif yang mampu mereka bayar. Kata
1.2.2. Kualitas Pelayanan
Kotler (2003: 160) berpendapat bahwa kualitas pelayanan harus dimulai dari kebutuhan pelanggan dan berakhir pada persepsi pelanggan. Ini berarti bahwa kualitas yang baik bukan dilihat dari penyedia jasa, melainkan berdasar pada persepsi pelanggan.
1.2.3. Hasil Penjualan
Menurut Day (dalam Buletin, 2002:56) mengatakan bahwa kepuasan atau ketidakpuasan pelanggan adalah respon konsumen terhadap evaluasi ketidakpuasan atau diskonfirmasi yang dirasakan anatar harapan sebelumnya dengan kinerja aktual dari produk/jasa yang dirasakan pemakai.
2.1. Simpulan
a. . Kualitas bahan baku, kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap hasil penjualan pada perusahaan. ini menunjukkan bahwa baik secara langsung atau tidak langsung kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen dapat menstimulir peningkatan hasil penjualan.
Daftar Pustaka :
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran, Erlangga. Jakarta