Posted by : About Iqbal Jumat, 04 Oktober 2013

Nama 
Muhamad Iqbal Ramadhan

NPM 
14112802

Kelas
2KA19

Jurusan dan Fakultas Sistem Informasi 
Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

Dosen dan Mata Kuliah 
Yusye Milawaty - Teori Organisasi Umum 1 #

1. Definisi dari Teori Organisasi

TEORI ORGANISASI adalah teori yang mempelajari kinerja dalam sebuah organisasi, Salah satu kajian teori organisasi, diantaranya membahas tentang bagaimana sebuah organisasi menjalankan fungsi dan mengaktualisasikan visi dan misi organisasi tersebut. Selain itu, dipelajari bagaimana sebuah organisasi mempengaruhi dan dipengaruhi oleh orang didalamnya maupun lingkungan kerja organisasi tersebut.
Menurut Lubis dah Husein (1987) bahwa teori organisasi itu adalah sekumpulan ilmu pengetahuan yang membecarakan mekanisme kerjasama dua orang atau lebih secara sistematis untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Teori organisasi merupakan sebuah teori untuk mempelajari kerjasama pada setiap individu.

2. Mengapa Teori Organisasi itu penting ?

Alasan mengapa Teori Organisasi itu penting karena dengan mempelajari teori organisasi umum, seseorang akan lebih memahami bagaimana ia harus menempatkan diri ketika berkecimpung dalam suatu ikatan organisasi. Karena di dalam organisasi tersebut terdapat beberapa aspek pendukung guna memenuhi tujuan bersama sekumpulan orang yang terikat di dalamnya. Dengan kata lain, teori organisasi umum membimbing sekumpulan orang dalam suatu organisasi untuk berpendapat, menciptakan visi, misi, sistem, dan program, juga untuk menganalisa dan mengevaluasinya kembali demi keberhasilan pencapaian tujuan dibentuknya organisasi tersebut.

3. Ceritakan Pengalaman Anda dalam Berorganisasi

Saya akui memang saya secara pribadi belum banyak mempunyai pengalaman berorganisasi yang formal dalam hidup saya. Saya hanya pernah mengikuti kegiatan Rohis (Rohani Islam) ketika saya masih duduk di Sekolah Menengah Atas. Ketika itu saya menjabat sebagai humas yang mana melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan komunikasi baik antar organisasi ataupun dengan hal di luar organisasi.
Dalam berorganisasi pastinya memiliki struktur keorganisasian. Seperti adanya ketua, wakil, dll. Juga melakukan kegiatan kegiatan keorganisasian, seperti: rapat, musyawarah, pengajuan proposal, dll. Dengan berorganisasi pekerjaan dilakukan lebih mudah, karena telah terstruktur, sesuai perintah dan kesepakatan, tidak asal kerja sendiri, dan sesuai dengan hasil rapat dan musyawarah bersama. Dalam berorganisasi kita belajar bertanggung jawab. Mempertanggungjawabkan pendapat, perbuatan, serta belajar menghargai sesama. Demi terciptanya tujuan bersama organisasi tersebut.

Sumber :

1. http://agungzetiadji.blogspot.com/2012/10/teori-organisasi.html?m=1
2. Pengalaman Pribadi

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

About Author

Foto saya
IT Student | EDM Enthusiast | Likes Interior Design and Graphic Design | I Also Writing Articles of Games at http://cyberlineteam.com/category/it/game/ | Personal Website : miiqbalrama.hol.es

PageViews

- Copyright © BeOneOfHeroes -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -