Posted by : About Iqbal Minggu, 26 April 2015

http://www.thejakartapost.com/files/images2/up%20p01-a_86.img_assist_custom-400x267.jpg

          Ekonomi adalah salah satu hal yang paling penting dalam kehidupan sehari-hari yang mana tidak ada satupun unsur yang luput dari ekonomi. Ekonomi dapat didefinisikan sebagai salah satu hal yang dapat dipelajari oleh manusia baik secara individu maupun bermasyarakat untuk menentukan pilihan-pilihan terhadap sumber daya yang terbatas jumlahnya. Tetapi bertolak belakang dengan kebutuhannya yang tidak terbatas jumlahnya. Jadi, apabila dilihat dari definisi yang telah penulis jelaskan sebelumnya, Dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam kehidupan sehari-hari yaitu adanya ketersediaan (stock) dan ada juga permintaan (demand). Ilmu Ekonomi sangat penting agar antara ketersediaan dengan permintaan atau kebutuhan dapat seimbang.

Contoh, apabila ketersediaan melebihi permintaan, maka akan terjadi kerugian bagi penyedia. Namun, apabila ketersediaan tidak mencukupi permintaan, maka hal ini akan memicu adanya barang ekonomi. Barang ekonomi adalah barang yang jumlah permintaannya lebih banyak dibandingkan jumlah barang yang tersedia. Barang ekonomi merupakan barang yang mempunyai nilai (harga). Berbeda dengan barang bebas yang jumlah persediaannya lebih banyak dibandingkan dengan permintaannya. Untuk pembahasan lebih jelas barang ekonomi, dapat dilihat pada tugas berikutnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

About Author

Foto saya
IT Student | EDM Enthusiast | Likes Interior Design and Graphic Design | I Also Writing Articles of Games at http://cyberlineteam.com/category/it/game/ | Personal Website : miiqbalrama.hol.es

PageViews

- Copyright © BeOneOfHeroes -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -