Posted by : About Iqbal Sabtu, 17 Mei 2014

http://www.geek.com/wp-content/uploads/2013/05/GoogleIO_vicG_625-590x330.jpg

Google I/O 2014 akan hadir sebentar lagi yaitu tanggal 25 dan 26 Juni 2014 di San Francisco, California, United States. Acara ini sangat dinantikan oleh banyak developer. Terutama dari Google Developers atau lebih dikenal dengan GDG (Google Developers Group) dan termasuk penulis sendiri, mengingat Google I/O 2014 Extended diadakan oleh kampus penulis melalui live streaming. Oleh karena itu, penulis akan menyebutkan beberapa hal yang dinantikan dan mungkin akan diluncurkan pada saat Google I/O 2014. Berikut penjelasannya :

http://www.rejionline.net/wp-content/uploads/2013/02/key-lime-pie.jpg

1. Sistem Operasi Android 5.0 dengan codename lemon atau limelight

Mungkin di Google I/O 2014 adalah waktu yang tepat untuk mengumumkan versi terbaru dari Android. Setelah 9 bulan diumumkannya KitKat 4.4, mungkin Android versi terbaru akan memiliki build number 5.0 bukan 4.5. Dan kemungkinan saja di versi terbaru nya akan dimulai dengan codename L. Banyak analis yang menyebutkan kemungkinannya adalah Lemonade, Limelight atau bahkab Liquorice.

Seperti yang kita ketahui, Google selalu mengumumkan versi terbarunya setiap 8 atau 9 bulan. Contohnya seperti Ice Cream Sandwich yang hadir 8 bulan setelah peluncuran Honeycomb dan Jelly Bean 4.1 yang hadir 8 bulan setelah peluncuran ICS dan Jelly Bean 4.2, 4.3 dan KitKat 4.4 yang hadir sekitar masing-masing berselang 5 bulan. Fitur-fitur terbarunya mungkin saja perbaikan sinkronisasi akun google dengan device dari android tersebut dan integrasi jam tangan pintar yang didesain untuk sistem operasi Android yang semakin baik.

 

http://www.google.com/intl/en/chrome/assets/common/images/devices/devices-selector-home-pixel.jpg

2. Pembaruan untuk Nexus 10 dan ChromeBook Pixel 2

Google Inc. biasanya meluncurkan Android dengan hardware terbaru. Hal itu perlu dilakukan seperti Nexus Tablet yang disandingkan dengan iPad Air. Asus dan LG mungkin dengan mudahnya membuat hardware untuk Nexus Tablet. Dan mungkin saja Asus akan membuat Nexus 8 untuk menggantikan Nexus 7.

Pembaruan pada Chrome OS biasanya diluncurkan pada Google I/O melalui ChromeBook Pixel. Walaupun ChromeBook Pixel memiliki spesifikasi yang mumpuni. Namun harganya perlu ditekan agar lebih murah. Dan hal ini diharapkan akan terwujud melalui Google ChromeBook Pixel 2.

 

http://www.theworldison.com/wp-content/uploads/2013/01/Google-time.png

3. Waktunya Untuk Google Watch

Jam tangan pintar buatan Google mungkin salah satu yang ditunggu-tunggu pada Google I/O. Dan kemungkinan jam tangan pintar dari Google akan diproduksi oleh LG dengan LG G Watch atau Motorola dengan Moto 360. Seperti yang diketahui, Jam tangan pintar Pebble Steel dan Samsung Gear 2 memiliki desain yang sangat baik dan juga hadir dengan pemberitahuan seperti pada Google Now. Rumor dari kompetitor lain, Apple dengan iWatch-nya akan lebih fokus kepada fitur-fitur kesehatan (fitness) dengan Nike dan kemungkinan Google akan melakukan hal yang sama.

 

http://www.contenthero.co.uk/wp-content/uploads/2014/02/Google-Glass.jpg

4. Google Glass dengan Penambahan Fitur

Google Glass adalah wearable device dari Google yang dapat dikatakan cukup mahal, yaitu 1500 U.S Dollar. Dengan harga tersebut, seharusnya Google melakukan perbaikan pada Google Glass seperti baterai yang lebih kecil dan lebih powerful dan upgrade dari Android Ice Cream Sandwich (4.0.4) ke KitKat (4.4.x). Banyak analis menilai Google Glass sangat ‘overbudget’ dikarenakan modal untuk pembuatannya hanya berkisar 150 US. Dollar. Para analis dan developer juga berharap harga Google Glass dapat ditekan agar dapat diterima dipasaran.

http://www.themainmtl.com/wp-content/uploads/2014/03/Chromecast.jpg

5. Google Chromecast dengan Penambahan Fitur

Google telah menjual cukup banyak Chromecast dongle. Tapi itu tidak berarti banyak apabila tidak banyak aplikasi yang ada untuk media streaming device yang dapat dikatakan cukup murah tersebut. Kompetitr dari Google Chromecast adalah Apple TV, Amazon Fire TV, Roku 3, dan similiar dengan Roku Streaming Stick. Banyak analis berharap di Google I/O akan ada perbaruan pada Google Chromecast terutama pada aplikasi olahraga seperti pada Amazon Fire TV. Dan hal yang sangat disayangkan adalah Google Chromecast tidak dapat memproyeksikan gambar yang ada pada Android device seperti pada Apple TV dengan teknologi AirPlay-nya.

 

http://d193ppza2qrruo.cloudfront.net/production/articles/large_apple-car-play-2014.png

6. Produk pesaing Apple CarPlay

Google mencoba menyaingi Apple dengan Smartwach android yang telah beredar. Namun Google belum mampu menyaingi teknologi Apple yang telah hadir pada dashboard mobil, yaitu Apple CarPlay dengan berdasarkan sistem informasi iOS. Lalu apakah Google dengan Android pun hadir di dalam dashboard mobil ?

Namun bukan berarti Apple CarPlay yang datang terlebih dahulu tidak memiliki kelemahan, seperti Apple Maps yang masih kurang baik apabila dibandingkan dengan Google Maps dan juga keterbatasan pada kompabilitas dari Apple CarPlay yaitu hanya support dengan iPhone saja.

 

 

http://a.abcnews.com/images/Technology/ht_meka_robot_ll_131204_16x9_992.jpg

7. Google Army Robots

Google telah membeli perusahaan pembuat robot, Boston Dynamics akhir tahun lalu. Jika ditelusuri, untuk apakah Google melakukan hal tersebut ? banyak analis menduga bahwa Google akan membuat sebuah robot dan menyebutnya dengan ‘Google Army Robots’.  Mungkin saja hal itu benar-benar terjadi karena Google memang berencana ingin membuat Android dalam bentuk ‘nyata’.

 

nest.jpg (643×361)

8. Perbaikan pada Nest Thermostat

Google juga telah membeli perusahaan pembuat thermostat, yaitu Nest Labs Inc. dengan nilai akuisisi sebesar 3.2 juta US. Dollar. Nest mampu mendeteksi asap rokok dan CO2 . Tetapi di negara lain, pendeteksian tersebut belum tentu berhasil. Mungkin saja hal ini akan diperbaiki pada Google I/O 2014.

 

http://moviltoday.com/wp-content/uploads/2013/10/Project-Ara.jpg

9. Ponsel Lego, Project Ara

Mungkin Google akan menjadi inovator dari ponsel modular atau ponsel lego yang dikenal dengan Project Ara. Karena masih dalam pengembangan, oleh karena itu masih disebut sebagai ‘Project’. Ponsel ini sangat unik karena komponen-komponen nya dapat dikustomisasi sesuai keinginan pengguna. Namun untuk lebih jelasnya, pembaca dapat membacanya dipostingan sebelumnya disini.

 

http://9to5google.files.wordpress.com/2013/04/google-fiber-austin-texas.jpg

10. Google Fiber

Google Fiber adalah sebuah layanan baru dari Google. Nantinya layanan ini akan diberikan kepada seluruh penduduk Amerika yang berminat. Google Fiber memberikan internet speeed dalam Gbps (gigabit per second) kepada pada pelanggan, baik untuk downstream maupun upstream. Biaya langganannya 70 US. Dollar per bulan. Speeed tersebut jauh lebih tinggi dibanding kecepatan internet yang disediakan perusahaan TV kabel yang ada di Amerika saat ini.  Google Fiber ini juga sangat menarik karena pelanggan yang nantinya akan berlangganan Google Fiber tidak hanya akan diberikan komponen untuk internet saja (contohnya kabel fiber tersebut). Namun juga akan diberikan Nexus 7 secara cuma-cuma (apabila berlanggan 2 tahun). Google Fiber juga akan terdiri dari 2 pilihan paket, yaitu dengan internet+TV kabel atau hanya internet saja.

 

Semoga tulisan dari penulis ini bermanfaat bagi para pembacanya. Penulis juga sangat berharap agar dapat melihat Google I/O secara live streaming atau bahkan secara live di San Francisco, California, United States (walaupun kemungkinannya sangat kecil). FYI, harga tiket untuk Google I/O tidaklah murah, yaitu 900 US. Dollar untuk umum dan 300 US. Dollar untuk pelajar.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

About Author

Foto saya
IT Student | EDM Enthusiast | Likes Interior Design and Graphic Design | I Also Writing Articles of Games at http://cyberlineteam.com/category/it/game/ | Personal Website : miiqbalrama.hol.es

PageViews

- Copyright © BeOneOfHeroes -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -