Posted by : About Iqbal Selasa, 02 April 2013


Tugas Ilmu Budaya Dasar - Softskill - Puisi Aku


Nama  
Muhamad Iqbal Ramadhan

NPM   
14112802

Kelas   
1KA38

Jurusan dan Fakultas
Sistem Informasi - Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

Dosen dan Mata Kuliah
Rino Rinaldo - Ilmu Budaya dasar 


Puisi
        
Puisi adalah bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa dengan pengonsentrasian struktur fisik dan struktur batinnya.
Puisi yang saya resensi :
Aku
Aku
Karya Chairil Anwar

Kalau sampai waktuku
Ku mau tak seorang kan merayu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu sedan itu
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang
Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang
Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih peri
Dan aku akan lebih tidak perduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi

Unsur-Unsur Ilmu Budaya Dasar :
·         Manusia dan Kebudayaan :
Unsur manusia dan kebudayaan pada puisi Aku dapat tergambarkan yaitu pada bait Biar peluru menembus kulitku, Aku tetap meradang menerjang yang artinya yaitu seperti apapun rintangan yang dihadapi, ia akan selalu melawannya. Jadi budaya yang tergambar pada puisi ini yaitu budaya kegigihan seseorang.
·         Manusia dan penderitaan :
Unsur manusia dan penderitaan pada puisi Aku dapat tergambarkan yaitu pada bait Kalau sampai waktuku, Ku mau tak seorang kan merayu, Aku mau hidup seribu tahun lagi yang artinya ketika seseorang telah sampai pada umurnya (meninggal dunia), maka tidak ada satu orang pun yang dapat mencegahnya.
·         Manusia dan Pandangan Hidup :
Unsur manusia dan pandangan hidup pada puisi Aku dapat tergambarkan yaitu pada bait Biar peluru menembus kulitku, Aku tetap meradang menerjang yang artinya yaitu seperti apapun rintangan yang dihadapi, ia akan selalu melawannya. Jadi pandangan hidup yang tergambar pada puisi ini yaitu kegigihan seseorang dalam menghadapi suatu masalah.
·         Manusia dan Pandangan Harapan :
Unsur manusia dan pandangan hidup pada puisi Aku dapat tergambarkan yaitu pada bait Aku mau hidup seribu tahun lagi yang artinya harapan untuk bisa hidup lebih lama walaupun itu tidak mungkin terjadi.

Kesimpulan :
            Puisi Aku merupakan puisi perjuangan, dimana puisi ini memiliki tema pemberontakan dari segala bentuk penindasan. Dalam puisi ini, Chairil Anwar ingin “hidup seribu tahun lagi”, namun ia menyadari keterbatasan usianya, dan kalau ajalnya tiba, ia tidak ingin seorangpun untuk meratapinya.

Sumber : http://orb.web.id/puisi-aku.html
               http://sigodangpos.blogspot.com/2011/09/analisis-makna-puisi-aku-chairil-anwar.html

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

About Author

Foto saya
IT Student | EDM Enthusiast | Likes Interior Design and Graphic Design | I Also Writing Articles of Games at http://cyberlineteam.com/category/it/game/ | Personal Website : miiqbalrama.hol.es

PageViews

- Copyright © BeOneOfHeroes -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -